Menu

Mode Gelap
Proyek Anggaran Belasan Milyar Tidak Setakjub Besarnya Dana, Kerikil Malah Berserakan Di Jalan Anugerah Pangkat Istimewa Prabowo, Berikut Kata Presiden! Lempuing Jaya Juara Umum MTQ XXX Tingkat  Kabupaten OKI Warga Binaan Lapas Kelas llB Padangsidimpuan Antusias Ikuti Pembelajaran Iqro dan Membaca Al-Qur’an Drs.Ismet Inoni M.M Mewakili (Pj) Bupati Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Lampung Barat

Bulungan · 25 Sep 2022 03:31 WIB

Panitia Porprov I Kaltara Resmi Dilantik


 Panitia Porprov I Kaltara Resmi Dilantik Perbesar

AktualTimes.com, Pemerintahan – Bertempat di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) pada Sabtu (24/9), Panitia Besar Pekan Olahraga Provinsi (PB Porprov) I Kaltara tahun 2022 resmi dilantik. Ketua KONI Kaltara, Nasir, SE, CSl menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Kaltara, Drs H Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum atas perhatian dan keseriusannya sehingga Porprov yang baru pertama kali diselenggarakan dapat terwujud.

“Dengan telah dilantik dan dikukuhkannya Panitia Besar Porprov tentunya harapan kita seluruh kegiatan Porprov I Kaltara tahun 2022 dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” ucapnya. Dijelaskan, persiapan pelaksanaan Porprov telah dialkukan sejak April 2022 dengan berbagai kegiatan tata laksana, kajian akademis hingga koordinasi vertikal dan horisontal.

IMG_20220925_031718.jpg

Hasilnya antara lain ditetapkan 36 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan terdiri 31 cabor tanding dan 5 cabor tampil (eksebisi). Lalu alokasi dan venue cabang olahraga dilaksanakan di 2 tempat yaitu Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan. Terdiri 24 cabor tanding dan 2 cabor tampil di Tanjung Selor serta 7 cabor tanding dan 3 cabor tampil di Kota Tarakan.

Perihal 5 cabor yang tampil, diketahui bahwa cabor tersebut tidak memenuhi jumlah minimal pengurus di kabupaten/ kota, hanya saja berpotensi untuk berprestasi, sehingga masuk dalam cabor tampil (eksebisi).

Jumlah kelas yang dipertandingkan sebanyak 430 kelas/partai tanding, terdiri dari putra 234 kelas/partai tanding dan putri 190 kelas/partai tanding dan 6 kelas mixed (campuran). Medali yang diperebutkan sebanyak 1.592 medali terdiri dari emas 482, perak 482 dan perunggu 628.

IMG_20220925_031737.jpg

“Seluruh rule of game Porprov I Kaltara tahun 2022 merujuk pada ketentuan Pra PON dan PON ke 21 Tahun 2024, karena produk output maupun outcome Porprov ini adalah menuju PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara,” tandasnya. Dilanjutkan, tema Porprov I Kaltara 2022 yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Organisasi, Sukses Prestasi Menuju PON XXI / 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Ditekankan bahwa atlet yang ambil bagian dalam Porprov I Kaltara adalah atlet yang memiliki KTP Kaltara.

Bupati Bulungan selaku Ketua Umum Panitia Besar Porprov I Kaltara, Syarwani, S.Pd, M.Si menambahkan, even Porprov ini yang pertama kali diselenggarakan sejak Provinsi Kaltara berdiri sekitar 10 tahun lalu. Ia pun memberikan apresiasi khusus kepada Gubernur, Wakil Gubernur serta jajaran Pemprov Kaltara dalam memperhatikan dan memajukan olahraga prestasi melalui kegiatan Porprov.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih Pemprov Kaltara memberikan ruang dan fasilitasi kepada atlet serta bibit atlet di Kaltara melalui kegiatan Porprov ini,” ujarnya. Diharapkan, Porprov ke depannya terus dilaksanakan berkesinambungan, di mana saat ini menjadi ajang persiapan serta penjaringan menuju Pra PON 2023 dan PON 2024.

IMG_20220925_031809.jpg

“Kami menyadari jka nanti dalam penyelenggaraan masih terdapat kekurangan, pertama kali ini saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pimpinan cabor. Mudah-mudahan Porprov ini dapat kita selenggarakan dengan sukses, baik prestasi, olahraga maupun sukses penyelenggaraan,” urainya. Gubernur Kaltara, Drs H Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan pelantikan dan pengukuhan yang sekaligus dirangkai dengan rapat koordinasi PB Porprov I Kaltara.

“Semoga mampu membawa manfaat bagi perkembangan olahraga di Kaltara, menuju Kalimantan Utara yang berubah, semakin maju dan sejahtera,” tandasnya. Gubernur menjelaskan, Porprov I Kaltara merupakan even olahraga terbesar di Provinsi Kaltara dan sangat ditunggu-ditunggu para atlet Kaltara. Sejak pemekaran Provinsi Kaltara dari Provinsi Kalimantan Timur, para atlet kabupaten kota di Kaltara tidak dapat lagi berpartisipasi dalam Porprov Kaltim.

IMG_20220925_031829.jpg

“Bahkan ada atlet yang harus pindah keluar Kaltara hanya untuk tetap berlatih, menjaga semangat dan daya saing serta agar bisa tampil di tingkat nasional maupun internasional. Tentu hal ini sangat disayangkan,” tandasnya. Gubernur berharap, melalui Porprov I Kaltara, kegiatan olahraga dapat terus berkembang dan berprestasi hingga menggerakan perekonomian masyarakat.

“Kepada panitia dan pihak terkait kiranya dapat ikut mengangkat budaya dan produk lokal, seperti konsumsi, souvenir dan sebagainya,” sarannya. Porprov I Kaltara akan dilaksanakan pada November 2022.(diskp)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Anugerah Pangkat Istimewa Prabowo, Berikut Kata Presiden!

28 Februari 2024 - 21:48 WIB

Anugerah Pangkat Istimewa Prabowo

Pj. Walikota Padangsidimpuan H Letnan Dalimunthe Buka Turnamen Futsal MAN 2 CUP VI

27 Februari 2024 - 21:32 WIB

Turnamen Futsal MAN 2

Pleno Tingkat Kabupaten Boltim Dimulai, KPU Sampaikan ini!

27 Februari 2024 - 18:12 WIB

Pleno Tingkat Kabupaten Boltim

Peduli Bidang Lingkungan Hidup, Bupati Tapsel Terima Piala Anugerah PWI Pada Puncak HPN 2024

25 Februari 2024 - 23:58 WIB

piala anugerah pwi

Plt Bupati Labuhan Batu Resmikan Mesjid An- Nurani

24 Februari 2024 - 16:39 WIB

Kapolres Labuhanbatu Pantau PSU TPS 53 Aek Korsik Dan TPS 11 Teluk Pulai Dalam

24 Februari 2024 - 16:32 WIB

Trending di Breaking News