Menu

Mode Gelap
Proyek Anggaran Belasan Milyar Tidak Setakjub Besarnya Dana, Kerikil Malah Berserakan Di Jalan Anugerah Pangkat Istimewa Prabowo, Berikut Kata Presiden! Lempuing Jaya Juara Umum MTQ XXX Tingkat  Kabupaten OKI Warga Binaan Lapas Kelas llB Padangsidimpuan Antusias Ikuti Pembelajaran Iqro dan Membaca Al-Qur’an Drs.Ismet Inoni M.M Mewakili (Pj) Bupati Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Lampung Barat

Bulungan · 27 Agu 2022 14:51 WIB

Esron “Kenji”, Potret Pengabdian Tulus Dari Seorang Nakes di Pedalaman


 Esron “Kenji”, Potret Pengabdian Tulus Dari Seorang Nakes di Pedalaman Perbesar

AktualTimes.com, Peristiwa -Sosok Bertugas sebagai tenaga kesehatan di daerah terpencil tentu bukan sebuah perkara mudah. Hal ini dirasakan oleh Esron yang telah mendedikasikan dirinya selama 12 tahun lebih sebagai PTT tenaga kesehatan di desa Long Pelban.

Esron, oleh rekan sejawatnya di Puskesmas Long Bia dijuluki “Kenji”, tokoh komik Jepang dengan gaya rambut yang khas, punya jiwa petarung, tak kenal kata menyerah dan bersahaja. Sosok yang pantas disematkan pada dirinya.

IMG-20220827-WA0034.jpg

Selama bertugas banyak suka duka yang dialami, menurut Esron,”Saya melihatnya bukan semata-mata karena tugas tapi lebih dari itu, ini adalah sebuah pelayanan, bagaimana kita bisa bermanfaat buat orang lain atas ilmu, pengetahuan dan tubuh yang kita miliki, banyak yang terpanggil tapi sedikit yang terpilih,”tuturnya.

Hal yang paling mengesankan baginya ketika mengantar pasien darurat untuk dirujuk ke Puskesmas pada malam hari. Melewati sungai dengan arus dan gelombang di malam hari tentu sebuah tantangan tersendiri tapi baginya ini sudah menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

Alumnus Politeknik Kesehatan Depkes Kalimantan Timur ini rela meninggalkan keluarga demi sebuah panggilan mulia, menurutnya itu sudah menjadi bagian dari sebuah pilihan hidup. “Yah, kalau dikasih cuti baru pulang jenguk keluarga dan melepas rindu di kampung halaman, kebetulan juga ada rekan bidan yang ditempatkan di sini jadi pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan “, ucapnya.

“Masyarakat di sini sangat ramah dan sudah menganggap saya seperti keluarga, hal inilah juga yang membuat saya merasa cukup nyaman bertugas di sini.”, sambung Esron.

Desa Long Pelban sendiri berada di bawah administratif kecamatan Peso Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara dan merupakan desa paling ujung di bagian Barat kabupaten Bulungan. Akses menuju ke sana hanya bisa ditempuh lewat transportasi sungai dengan melewati giram. Bagi yang belum terbiasa bersiaplah untuk mengelus dada.

IMG-20220827-WA0035.jpg

Di sela-sela tugasnya sebagai tenaga kesehatan, Esron juga banyak mendampingi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan lainnya seperti pada kegiatan “Hatinya PKK”. Pendampingan yang berhasil membawah desanya menjadi juara pada lomba yang dilaksanakan TP PKK Kabuten Bulungan Tahun 2021.

Sesuai dengan visi Presiden Jokowi yakni membangun dari pinggiran, maka sudah sepantasnya tenaga kesehatan semisal mereka butuh perhatian lebih.

“Kami hanya hidup dari gaji, tidak ada penghasilan lain, harapan kami kiranya pemerintah bisa memperhatikan nasib kami”, katanya

“Semoga pemerintah bisa cepat merealisasikan pengangkatan kami sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk mengisi formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak), agar kami tidak kuatir dengan jaminan masa depan kami”, harapnya. (Roynal Mangesa/Bulungan)

Artikel ini telah dibaca 628 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kalapas Kelas IIB Padangsidimpuan Berikan Penghormatan Terakhir Kepada Alm. Yeki Valentino Foreman Hutagaol

28 Februari 2024 - 20:45 WIB

Kemenag Kota Padangsidimpuan Berikan Siraman Rohani Kepada Warga Binaan Beragama Keristen Lapas Kelas llB Padangsidimpuan

28 Februari 2024 - 19:01 WIB

Warga Binaan Lapas Kelas llB Padangsidimpuan Antusias Ikuti Pembelajaran Iqro dan Membaca Al-Qur’an

28 Februari 2024 - 18:39 WIB

Kalapas Kelas llB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Kontrol Blok Hunian WBP

26 Februari 2024 - 09:28 WIB

Kalapas Japaham Sinaga

Peduli Bidang Lingkungan Hidup, Bupati Tapsel Terima Piala Anugerah PWI Pada Puncak HPN 2024

25 Februari 2024 - 23:58 WIB

piala anugerah pwi

DPTB di TPS Sihitang di Duga Siluman Saksi Demokrat Protes Dan Melayangkan Surat Keberatan

24 Februari 2024 - 19:03 WIB

Trending di Daerah